Sunday, December 19, 2010

Nasi Uduk

Nasi Uduk, originally uploaded by VibaHolic's Flickr.

Udah seminggu lebih mau bikin nasi uduk belum jadi juga. Mumpung hari minggu, tekad sudah bulat gak bisa ada yang menghalangi. Hehehe…
Sebagai pecinta nasi, saya sangat suka nasi uduk, nasi kuning, nasi jepang (gohan), nasi goreng dan sebagainya. Di daerah saya, masih sedikit jajanan yang pas dengan selera saya. Itulah sebabnya saya banyak usaha mencoba bikin sendiri ;p
Nasi uduk dan Tempe Goreng Bumbu Kencur ini langsung raib, bahkan suami dan adik saya (beserta saya ;p) sempet beradu mulut siapa yang makan paling banyak. Ternyata porsinya kurang, seperti biasa komentarnya "kok bikinnya dikit sih…". Padahal udah 3 centong beras?! Hehehehe… besok dapet pesenan Nasi Uduk dan Tempe Goreng Bumbu Kencur lagi. Senangnya kalau mereka sukaaa….

Bahan-bahan :
3 centong Beras
6 lembar Daun salam, lebih juga boleh biar tambah wangi
3 batang Sereh
3 cm Lengkuas
600 ml Santan kelapa dari 1 buah kelapa
Garam secukupnya

Cara Membuat :
Beras di cuci kemudian di kukus selama 25 menit
Rebus santan bersama daun salam, sereh, lengkuas dan beri garam sesuai selera
setelah hampir mendidih santannya, masukkan beras yang sudah di kukus.
Di masak sampai santan meresap kedalam beras.
Aduk-aduk ketika santan hampir habis agar tidak hangus (di aron)
Kukus kembali beras yang sudah di aron selama 30 menit.
Nasi uduk sudah dapat dinikmati :)

Hidangkan bersama lauk pauknya seperti telur dadar, perkedel, semur tahu, tempe goreng, teri kacang balado atau lainnya sesuai selera. Tambahkan sambal kacang dan bawang goreng agar lebih mantab!

Nasi Uduk

Selamat mencoba :)

1 comment: